Sejarah HMTL FT-UH

Teknik Lingkungan adalah suatu program studi yang berusaha untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan dengan  pendekatan teknologi. Teknik Lingkungan dijabarkan sebagai pemikiran keteknikan dan keterampilan dalam memecahkan masalah pengendalian lingkungan yang menyangkut penyediaan air minum, sistem pembuangan dan proses daur ulang limbah cair,padat, dan gas, sistem drainase perkotaan dan desa serta sanitasi lingkungan, pengendalian pencemar dan pengelolaan kualitas air, tanah dan udara, serta pengendalian pengelolaan dampak lingkungan.

Teknik lingkungan pada awalnya bernama ‘Teknik Penyehatan”. Pada tanggal 10 Oktober 1962, lahirlah Departemen Teknik Penyehatan ITB di bawah naungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Sebagai yang pertama di Indonesia, lahirnya Departemen Teknik Penyehatan ITB tahun 1962 ini merupakan tonggak resmi berdirinya pendidikan tinggi Teknik Lingkungan (TL) pertama di Indonesia. Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin merupakan wadah pengembangan dan pembinaan kemahasiswaan di Departemen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dan dalam pelaksanaanya merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berdasarkan Pedoman Dasar Organisasi Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan, HMTL FT-UH adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat Departemen Teknik Lingkungan yang berstatus independen dan merupakan kelengkapan nonstruktural Universitas Hasanuddin. HMTL FT-UH lebih menekankan pada sikap ilmiah, idealis, dan bermoral untuk mencapai integritas kemahasiswaan di Departemen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, serta kesejahteraan umat manusia.

Pada tahun 2009 Jurusan Teknik Sipil Universitas Hasanuddin memiliki satu tambahan program studi yaitu Program Studi Teknik Lingkungan. Program studi ini merupakan yang pertama di Indonesia Timur yang berada di Universitas Negeri. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan Teknik Lingkungan yang profesional, cakap berkarya dalam perencanaan, perancangan (sistem, bangunan, struktur), pelaksanaan dan pengelolaan dibidang Penyediaan Air Baku;Air minum;Air Limbah;Sanitasi;Limbah padat dan B3; Kebencanaan; Ruang Terbuka Hijau; Bising dan getaran; dan Polusi Udara.

Didasari oleh rasa persatuan dan kebulatan tekad untuk mewujudkan perubahan kearah yang lebih baik dalam lingkup kemahasiswaan di program studi Teknik Lingkungan, Mahasiwa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dan Departemen Teknik Lingkungan bersama-sama bergerak untuk membuat suatu organisasi bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan luas, berjiwa kepemimpinan, memiliki kepekaan sosial, dan profesional di bidang Teknik Lingkungan. Sehingga pada hari Senin, 21 September 2015 didirikanlah Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan yang hadir guna menghimpun seluruh apresiasi dan sebagai tempat berkaryanya Mahasiswa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Terbentuknya HMTL FT-UH juga didukung oleh situasi yang mengharuskan adanya Himpunan Mahasiswa setiap Program Studi di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Ketua Dewan Musyawarah HMTL FT-UH :

  • Fakhrizal Muchtar (2015-2016)
  • Andi Widya Khairunnisa (2016)
  • Andi Hanggini Pradani (2016-2017)
  • Muhammad Rizal (2017-2018)
  • Ahmad Burhanuddin (2018-2019)
  • La Ode Muhammad Fabian Hikmunandar (2019)
  • Andi Muhammad Ziqhran Sofyan (2019/2020)
  • Ikramul Ramadhan (2020/2021)

Ketua Umum Badan Eksekutif HMTL FT-UH  :

  • Ismail (2015-2016)
  • Muhammad Arfan Apriansyah (2016-2017)
  • Muhammad Hidayat MY (2017-2018)
  • Muhammad Zulkifli (2018-2019)
  • Amanuddin Fajar Fisu (2019)
  • Muhammad Rezky Pratama Ali (2019/2020)
  • Danang Bintoro Pangestu (2020/2021)