HMTL FT-UH | Pada 25 November 2022 telah dilaksanakan kegiatan Olah Pikir dan Gali Nilai Kemahasiswaan (OPINI) #1 yang merupakan program kerja dari Departemen Penelitian dan Pengembangan HMTL FT-UH Periode 2022/2023. OPINI kali ini dibawakan oleh kanda Bagas Fairuz Daffa dengan tema “Memahami Esensi Berorganisasi : Kegiatan Organisasi di tengah Kesibukan Akademik, Tantangan atau Peluang?”

Pembawaan materi oleh kanda Bagas Fairuz Daffa
Ringkasan singkat :

        Dalam dunia luar kampus maupun dalam kampus kita harus memasuki dua pintu yakni pintu akademis dan pintu organisasi keduanya karena kedua pintu inilah yang menunjang kehidupan luar dan dalam kampus.

       Apa itu organisasi ? Organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan berbeda namun cita cita yang sama  Tidak ada organisasi yang salah karena organisasi itu abstrak dia diam kalau ada kesalahan itu bukan dari organisasi tapi dari orang orang yang sebagai penggerak organisasinya yang mengarahkan ke jalan yang salah. Apa yang dimaksud organisasi abstrak? Yang dimaksud organisasi Abstrak karena organisasi diam dia tidak bergerak tidak terbatas ruang dan dimensi maka dari itu organisasi tidak ada yang salah.

     Mengapa saya katakan mahasiswa harus memasuki dua pintu yakni pintu akademik dan non-akademik karena pintu akademik itu mengajarkan dan memberikan ilmu pasti atau ilmu saintik ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kehidupan sedangkan organisasi sebagai penunjang ilmu tersorganisasi membantu dalam pengembangan softskill bahkan hardskill ia juga berperan sebagai wadah dalam dunia akademis.

      Dunia kampus itu tempatnya salah jangan takut melakukan kesalahan karena ketika tidak ada kesalahan kita tidak tau yang mana kebenaran. Selalu ada yang membenarkan ketika kita salah mahasiswa itu agent of change jadii perlu berani dalam bertindak dan mempunyai pikiran yang kritis. Dalam menjaga semangat harus melakukan 3 hal :

    • Membuatnya terlihat mudah
    • Membuatnya terlihat menyenangkan
    • Membuatnya terlihat memuaskan

      Organisasi itu bukan penghambat ketika ingin lulus tepat waktu. Tergantung dari niat masing masing ketika orang yang sudah kuat niatnya ingin Lulus tepat waktu organisasi itu bukan hambatan tetapi ketika menganggap organisasi adalah beban  pemikiran itulah yang akan menjadi penghambat dalam mencapai tujuannya. Seberat apapun tantangannya kalau ada niat yang kuat dan manajemen yang baik pasti akan bisa dilewati maka dari itu perlu manajemen yang baik.

       Apa itu manajemen? Manajemen adalah urutan dalam menyelesaikan masalah, niat dan manajemen itu berbanding lurus  jadii jika mempunyai niat lulus kuliah tepat waktu maka harus memiliki anajemen yang tepat pula.

     Jadikan organisasi itu rumah yang kamu tinggali buat dirimu nyaman didalamnya ini lalu arahkan ke jalan yang benar. untuk limit dari seseorang atau keterbatasan yang dimilikinya itu tergantung dari bagaimana seseorang memanajemenkan keterbatasannya, limit itu terjadi ketika ketika pribadinya yang tidak mau.

Kegiatan OPINI yang dihadiri oleh anggota HMTL FT-UH
501 thought on “OLAH PIKIR DAN GALI NILAI KEMAHASISWAAN #1”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *