HMTL FT-UH | Pada 31 Maret 2023 telah dilaksanakan kegiatan Olah Pikir dan Gali Nilai Kemahasiswaan (OPINI) #5 yang merupakan program kerja dari Departemen Penelitian dan Pengembangan HMTL FT-UH Periode 2022/2023. OPINI kali ini dibawakan oleh kanda Kanda Muhammad Rafly tema “”Aktualisasi Fungsi dan Peran Mahasiswa : Realita atau Ilusi Semata?”

Ringkasan Materi :

Pada kegiatan OPINI #5 kali ini membahas tentang Aktualisasi Fungsi dan Peran Mahasiswa : Realita atau Ilusi Semata? Berbicara soal mahasiswa timbul pertanyaaan Siapa sih sebenarnya seorang mahasiswa itu? Dalam hal ini, mahasiswa adalah sebutan   bagi seseorang yang tengah menempuh atau tengah menjalani pendidikannya di sebuah perguruan tinggi, akademi, maupun universitas. Sebagai kaum intelektual mahasiswa memiliki peran serta fungsinya di dalam masyarakat. Karena hal tersebut mahasiswa memiliki tanggaung jawab lebih kepada masyarakat sebagai penyalur dan penyebaran ilmu pengetahuan yang didapatkannya. Selain belajar di perguruan tinggi atau universitas, mahasiswa juga memiliki peranan dan fungsi dalam masyarakat. Lantas apasih peran dan  fungsi mahasiswa.  Dalam banyak narasi, mahasiswa selalu dilekatkan 5 peran, yaitu agent of change, social control, moral force, guardian of value, dan iron stock. Aktualisasi fungsi dan peran mahasiswa bisa menjadi kenyataan jika mahasiswa memiliki komitmen, kemampuan, dan kesempatan untuk melakukannya. Namun, pada kenyataannya, terdapat beberapa faktor yang dapat menghambat mahasiswa untuk dapat mengaktualisasikan peran dan fungsi mereka dengan optimal. Adapun beberapa faktor tersebut : (1) beban akademik yang berat, (2) lingkungan kampus yang tidak mendukung, (3) kurangnya kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan di luar kampus, (4) kurangnya kesadaran akan peran dan fungsi mahasiswa.

Meskipun demikian, bukan berarti bahwa aktualisasi fungsi dan peran mahasiswa hanyalah ilusi semata. Mahasiswa masih dapat mengaktualisasikan peran dan fungsi mereka dengan cara mengambil inisiatif sendiri, memanfaatkan sumber daya yang tersedia, berpartisipasi dalam kegiatan di luar kampus, serta membangun kesadaran akan peran dan fungsi mereka sebagai anggota masyarakat dan calon pemimpin masa depan.

11 thought on “OLAH PIKIR DAN GALI NILAI KEMAHASISWAAN #5”
  1. I want to show some appreciation to you just for bailing me out of this type of circumstance. As a result of checking throughout the world-wide-web and getting advice that were not helpful, I assumed my life was done. Living without the strategies to the issues you’ve solved through this website is a critical case, as well as the kind that could have negatively damaged my career if I had not come across your website. Your good training and kindness in dealing with all things was useful. I don’t know what I would have done if I had not come upon such a step like this. I can also at this point relish my future. Thanks for your time so much for the expert and amazing help. I won’t think twice to recommend your web blog to anybody who ought to have care on this matter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *