HMTL FT-UH | Pada 19 Desember 2022 telah dilaksanakan kegiatan Olah Pikir dan Gali Nilai Kemahasiswaan (OPINI) #2 yang merupakan program kerja dari Departemen Penelitian dan Pengembangan HMTL FT-UH Periode 2022/2023. OPINI kali ini dibawakan oleh Indra Syafei dengan tema “Problem Solving : Sikap Mahasiswa Dalam Penanganan Kesehatan Mental”

Ringkasan Singkat :

Problem Solving adalah proses dari kondisi yang dianggap masalah menuju kondisi yang ingin dicapai. Dalam proses Problem Solving kita membutuhkan energi dan kreatifitas. Salah satu tokoh psikologi yaitu Rogers berpendapat bahwa pada alamiahnya seluruh manusia memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahannya sendiri. Adapun dalam menghadapi masalah tersebut terdapat siklus yang harus dilewati diantaranya yaitu Identifikasi masalah, definisikan masalah, konstruksikan strategi untuk penyelesaian masalah, Organisasikan seluruh informasi terkait masalah yang bisa digunakan untuk mengkonstruksikan strategi tersebut, alokasikan sumber daya seperti waktu, uang, usaha, dan tenaga yang dikeluarkan dalam melakukan strategi tersebut, Monitoring problem solving tersebut dan evaluasi apakah strategi tersebut dapat menyelesaikan masalah yang dimiliki. Dalam kehidupan, sangat banyak tantangan dalam permasalahan. Yang pertama, masalah yang tidak jelas representasinya. Kedua, tidak memiliki pengalaman terkait masalah yang berkaitan. Ketiga, kekhawatiran apakah sudah melakukan solusi yang tepat. Terakhir, kurangnya memiliki referensi yang tepat sebagai sumber mencari informasi yang tepat. Kami juga menyarankan Anda untuk mengunjungi americanexpresscasinos.ca, ini adalah situs mitra kami, oleh karena itu kami merekomendasikannya kepada Anda dan memberikan bonus khusus dari kami.

Tetapkan dalam pola pikir bahwa lingkungan dan kondisi fisik sangat berpengaruh dalam penyelesaian masalah. Selain itu, solusi bisa ditemukan dari sumber manapun, practice makes it perfect,it not easy, but it’s not impossible. Ask anything lebih baik daripada didn’t ask anything. Perbanyak pula informasi, diskusi dan biasakan diri berdamai dengan masalah. Adapun tips yang dapat dilakukan yaitu berpikir secara keseluruhan, start doing less talking, dan terapkan 5 minute rule. Artinya kerjakan untuk lima menit awal dan pada akhirnya akan keterusan dalam mengerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *