Kelas editing #1 yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 12 Desember 2022 yang bertempat di rumah singgah HMTL FT-UH dengan pemateri kanda Richard Majestic yang membawakan materi mengenai “Fundamental Desain” adapun sedikit ringkasan dari materi yang dibawakan

1. Kombinasi
Darimana datangnya sebuah ide? Apakah tiba tiba muncul? Hal yang perlu dipahami, ide merupakan kombinasi bukan sesuatu yg tiba tiba ada. Kombinasi dari ide orang lain dan ide yang kita punya dapat menjadi ide yang baru.

2. Hambatan
Ketika mendesain terkadang kita pasti menemui hambatan, sehingga kita perlukan lateral thinking dimana memikirkan sebuah kemungkinan serta solusi yg ada. Berpikir kreatif tidak hanya menciptakan sesuatu yg beda. Orang yang kreatif merupakan bakat yang dapat dilatih bukan diperoleh dari lahir. Sehingga kreatif disini bukanlah hambatan untuk menciptakan suatu karya. Bukan orang-orang tertentu saja yang bisa mendesain. Semua orng bisa asalkan terus berlatih.

3. Lingkungan
Dalam hal desain, kita juga perlu melihat lingkungan dan kondisi sekitar. Dari Lingkungan yang nyaman itulah terkadang dapat memuncul sebuah ide. Tetap dari situasi dan lingkungan untuk berfikir kreatif perlu diperhatikan.

4. Ketekunan
Dalam berpikir kreatif merupakan hal yang sulit maka diperlukan ketekunan untuk melatih hal ini. Dimulai dengan mencoba – coba dan menjadi produktif.

Selain itu ada beberapa tips dalam mendesain :

#1 Menulis
Menulis menjadi hal yang penting, seperti ketika kita memiliki ide maka perlu kita tulis agar nantinya kita tidak lupa ide tersebut.

#2 Berpikir
Berpikir dan memahami. Perlunya mengetahui dasar untuk memahami sesuatu yang kita kerjakan agar kita tidak mudah lupa bagaimana atau cara dari sesuatu yang kita kerjakan

#3 Plus Minus Interesting
Pengambilan sebuah keputusan, memikirkan plus mines serta perlu juga interesting. Keputusan yang kita ambil perlu memikirkan kemungkinan kemungkinan yang terjadi serta seberapa menarik keputusan yang kita ambil ini terhadap orang lain.

#4 partner vs rival
Ketika mengeksuksi sebuah ide, dan terkadang kita kebingungan dalam menuangkan ide yang kita punya, maka disitulah kita butuh partner yang bisa membantu kita dalam mengeksekusi ide tersebut atau bahkan kita butuh rival untuk mengembangkan kemampuan kita.

#5 gagal
Mencoba untuk gagal. Berani untuk gagal. Karena sesuatu yang kita kerjakan tidak dapat langsung bagus, semua membutuhkan proses. Gagal itu merupakan kemungkinan untuk kita dapat mencoba lagi.

#6 pengaplikasian media
Ide bisa diaplikasikan ke berbagai media (video, visual, audio). Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi – aplikasi atau software yang memadai untuk menuangkan ide – ide yang kita miliki.

Selain dari pemberian materi mengenai fundamental desain, kita juga diperkenalkan dan diajarkan mengenai penggunaan salah satu software yaitu figma.

One thought on “KELAS EDITING #1”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *