SO2 adalah singkatan dariĀ Sulfur Dioksida, yang merupakan senyawa gas beracun, tidak berwarna, dan memiliki bau yang menyengat. Gas ini terbentuk dari gabungan unsur belerang (S) dan oksigen (O2), sehingga rumus kimianya adalah SO2. lalu apa hubungannya dengan erupsi gunung ruang yang terjadi di sulawesi Utara?

Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara pada tahun 2024 telah menyebabkan pelepasan gas Sulfur Dioksida (SO2) yang signifikan. Dampak dari gas SO2 ini cukup luas, baik bagi manusia, tanaman, hewan, maupun lingkungan. Berikut beberapa informasi terkait hubungan SO2 dengan erupsi gunung:

  • Peningkatan Kadar SO2: Erupsi Gunung Ruang pada 17 April 2024 menyebabkan peningkatan kadar gas SO2 di wilayah sekitarnya. Citra satelit menunjukkan sebaran SO2 sebanyak 3.000 ton sesaat setelah erupsi Gunung Ruang. Gas berbahaya ini menyebar di udara dengan kolom asap memanjang lebih dari 450 kilometer.
  • Dampak Kesehatan: Paparan berlebihan terhadap SO2 dapat mengakibatkan kesulitan bernapas dan bahkan berisiko fatal. SO2 dalam konsentrasi di atas 2 ppm berbau tajam dan dapat menyebabkan iritasi hidung, saluran tenggorokan, saluran pernapasan, serta dapat mengiritasi mata dan selaput lendir mata.
  • Dampak Lingkungan: SO2 yang dilepaskan selama erupsi gunung api cenderung terencerkan atau diserap oleh abu vulkanik, namun sebagian molekulnya tetap bertahan dan bereaksi dengan uap air di atmosfer. Ini dapat menyebabkan hujan asam dan merusak tanaman serta lingkungan.

Selain itu, erupsi tersebut juga mengakibatkan pengungsian warga, kerusakan rumah, gereja, dan sekolah, serta potensi risiko lahar panas, asap, aktivitas kegempaan, dan tsunami di wilayah terdampak. Pengamatan satelit menunjukkan bahwa pada tanggal 18 April 2024, nilai SO2 mencapai 300.000 ton dengan kolom asap yang memanjang lebih dari 1000 km. Ini menunjukkan skala besar dari dampak yang ditimbulkan oleh erupsi tersebut.

Jadi, gas SO2 yang keluar akibat erupsi Gunung Ruang memiliki dampak yang berbahaya bagi manusia, tanaman, dan lingkungan sekitarnya. Perlu kewaspadaan dan tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko dampak negatif dari gas ini.

Source:
(1) https://tirto.id/apa-itu-gas-so2-dari-erupsi-gunung-ruang-dampaknya-berbahaya-gX4S.
(2) https://www.viv.co.id/read/50296/apa-itu-gas-so2-imbas-erupsi-gunung-ruang-berikut-dampaknya-bagi-manusia-dan-alam-dan-cara-mengatasinya/1.
(3) https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7307861/benarkah-gas-so2-dari-erupsi-gunung-ruang-bahaya-begini-penjelasannya.
(4) https://www.kompas.com/tren/read/2024/04/19/200000665/gunung-ruang-semburkan-gas-so2-apa-dampaknya-bagi-manusia-tanaman-dan-hewan.