Kajan Relevansi Seputar Mahasiswa #3

Pada 17 Juni 2021 telah dilaksanakan kegiatan Kajian Relevansi Seputar Mahasiswa (KARSA) #3 yang merupakan salah satu program kerja Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa HMTL FT-UH Periode 2020/2021. Tema yang dibahas pada kajian ini yaitu “Dinamika Kepengurusan”.

 

Kajian kali ini dibawakan oleh pemateri Kanda Danang Bintoro Pangestu selaku Ketua Umum BE HMTL FT-UH Periode 2020/2021. Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan merupakan organisasi kader yang setiap periodenya akan terjadi regenerasi kepengurusan. Tujuan dari HMTL sendiri adalah membentuk kader-kader baru yang siap untuk melanjutkan kepengurusan. Sebagai organisasi, dalam kepengurusan HMTL tentunya ada masalah ataupun rintangan yang harus dihadapi dan diselesaikan. oleh karena itu, setiap kader harus mampu memecahkan masalah.

 

Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan merupakan organisasi kader yang dijalankan dengan asas kekeluargaan dimana baik kultural dan administrasi/struktural tidak dapat dipisahkan. Keduanya harus berjalan beriringan dan saling melengkapi. Ibaratnya administrasi/struktural adalah meja atas dan kultural merupakan meja bawah.

 

Pada dasarnya setiap tahun ada yang dinamakan jenjang kaderisasi yang targetnya adalah membebntuk kader-kader yang ideal dan kritis. hal yang menjadi catatan paling penting bagi seorang kader adalah tidak menyalahkan himpunan ketika ada yang salah. Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan adalah sebuah wadah dan yang menjadi penggerak adalah orang-orang di dalamnya.

 

“Jangan tanyakan apayang himpunan berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang telah kau berikan untuk himpunan.”

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *