Kajian Relevansi Seputar Mahasiswa #1

Pada 11 April 2020 telah dilaksanakan kegiatan Kajian Relevansi Seputar Mahasiswa (KARISMA) #1  yang merupakan program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa HMTL FT-UH. Tema Kajian kali ini, yaitu “Dampak Covid-19 Terhadap Keberlangsungan Kader Saat Ini” yang dilaksankan via daring zoom HMTL FT-UH.

Kanda dr. Imam Nurjaya

Materi kali ini dibawakan oleh dr. Imam Nurjaya selaku dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dan Kanda Ilham selaku Menteri PSDM BEM UH periode 2019/2020. Pada kesempatan ini  pemateri pertama menyampaian beberapa hal mengenai apa itu Covid-19, gejala yang timbul, cara penanganan dan  dampak yang dihasilkan dari covid-19 baik itu pada kesehatan dan lingkungan. dr. Imam Nurjaya juga memberikan kita beberapa pengetahuan betapa pengtingnya untuk  melakukan pyshical distancing karena yang kita ketahui bahwa betapa bahayanya virus ini apabila sudah terjangkit didalam tubuh kita.

Yang kita ketahui Covid-19 dapat menular dalam jangka waktu 5-12 hari tapi biasanya orang dibiarkan untuk melihat gejala hingga 14 hari. Karena virus yang sudah tersebar ke satu orang dan bertemu dengan orang lain mampu menularkan virus ke orang lain yang ditemuinya. “Maka dari itu apabila kita patuh dalam melakukan proses demi proses untuk mencegah covid-19 ini maka dengan mudahnya kita dapat memutus mata rantai penyebaran serta dapat menolong ribuan orang yang ada disekitar kita”, tegas dr Imam Nurjaya 

Kanda Ilham

Untuk pemateri kedua, Kanda Ilham memberikan materi mengenai dampak terhadap keberlangsungan kader seperti yg dijelaskan oleh pemateri bahwa kader tak lepas sebagai elemen masyarakat secara umum. Tetapi ada dampak positif yang signifikan terhadap kader dalam organiasasi kemahasiswaan yaitu seperti aktif membaca, mengelola konsumen media, dan actor industry 4.0 selain dampak positif ada juga dampak negative yang dihasilkan seperti bermalas malasan, berpikir pragmatis, dan kurang berinteraksi secara lanngsung. Oleh karena pada kajian ini yang dapat ditarik bahwa bagaimana langkah lembaga kemahasiswaan dalam mentaktisi kader yang dalam hal ini kader muda mengenai lkmmtd pada kondisi pamdemi yang sekarang ini. Dalam hal ini pemateri mengatakan bahwasanya solusi yang diberikan yaitu kader mudah dalam hal ini yang harus lebih berperan aktif dalam kajian dalm bentuk daring dimana kader mudah memberikan gagasan nya terhadap materi-materi yang biasa kita bahas dalam lkmmtd agara wawasan kader mudah dapat terasah dengan baik.

Pelaksanaan KARISMA via daring Zoom HMTL FT-UH

Video selama pelaksanaan kegiatan dapat diakses di akun Youtube HMTL dan untuk materi dapat diakses pada https://bit.ly/Materi_Karisma_1

Video Dokumentasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *