National Environmental Expo 2019 (NEO 2019)

National Environmental Expo 2019 (NEO 2019) telah sukses diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMTL FT-UH) pada tanggal 25-28 September 2019. NEO 2019 merupakan kegiatan lomba nasional pertama yang diselenggarakan oleh HMTL FT-UH dengan mengusung tema “Infinity Ideas For Living Environment”. Tema tersebut dipilih dengan harapan melalui kegiatan NEO 2019 seluruh peserta dan pihak-pihak yang ikut serta di dalam kegiatan ini mampu mengembangkan dan mengemukakan idenya sebagai alternatif solusi dalam mengatasi permasalah lingkungan hidup yang ada disekitarnya. Terdapat berbagai rangkaian kegiatan selama berlangsungnya NEO 2019 diantaranya, Seminar Nasional, Lomba Teknik Lingkungan Nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, Lomba Fotografi Nasional dan Pameran.

Setiap rangkaian kegiatan NEO 2019 mengusung berbagai tema. Seminar nasional telah diselenggarakan dengan tema “Strategi dan Tantangan Lingkungan Hidup Dalam Perkembangan Revolusi Industri 4.0” pada tanggal 26 September 2019 bertempat di Lecture Theater 2 dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang aktif bergerak di bidang lingkungan hidup. Pemateri pertama yakni, Bapak Dr. Ir. Darhamsyah, M.Si selaku Kepala Pusat Pengendalian Ekoregion Sulawesi dan Maluku. Beliau menyampaikan materi mengenai strategi dan tantangan lingkungan hidup pada wilayah darat dan udara. Pemateri kedua yakni, Bapak Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Si selaku Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Bekiau menyampaikan materi mengenai strategi dan tantangan lingkungan hidup pada wilayah laut Indonesia. Seminar Nasional NEO 2019 dipandu oleh Bapak Dr. Eng. Irwan Ridwan Rahim, ST. MT selaku Sekertaris Bidang Kemahasiswaan Departemen Teknik Lingkungan Universitas Hasanuddin. Seminar Nasional ini dihadiri lebih dari 100 peserta yang berasal dari berbagai universitas diantaranya Universitas Hasanuddin, Universitas Padjajaran dan Institut Pertanian Bogor.

            Pada tanggal 27 September 2019 berlangsung presentasi lomba teknik lingkungan nasional dan lomba karya tulis ilmiah nasional di Lecture Theater Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Lomba Teknik Lingkungan Nasional mengusung tema “Eco-Green Open Space”. Para peserta diwajibkan mendesain sebuah kawasan ruang terbuka hijau dengan memasukkan unsur-unsur lingkungan kedalamnya, seperti sistem pengelolahan air dan pengolahan persampahan. Sedangkan untuk lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional mengusung tema “Inovasi Teknologi Tepat Guna Dalam Mengatasi Permasalahan Pencemaran Laut Indonesia”.  Peserta yang hadir presentasi di fakultas teknik universitas hasanuddin telah melalui berbagai macam seleksi, yakni seleksi abstrak dan seleksi proposal karya. Selain itu untuk lomba Teknik Lingkungan Nasional, para peserta wajib membuat maket dari desain RTH yang telah dibuat. Peserta hanya diberikan waktu selama 3 hari untuk membuat maket desain RTHnya. Meket yang dibutan memiliki alas yang berukuran 1×1 meter dengan bahan dasar tripleks. Beberapa peserta membuat maketnya dengan berbahan dasar barang-barang bekas, seperti koran bekas dan kardus bekas.

            Seluruh karya peserta akan dipamerkan dalam Pameran NEO 2019. Pameran NEO 2019 berlangsung selama 2 hari yaitu pada 26-27 September 2019 di pelataran CSA Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Pameran ini mengusung tema Inovasi Ramah Lingkungan. Karya-karya yang dipamerkan yakni, poster lomba dari peserta lomba karya tulis ilmiah nasional, maket desain RTH dari peserta lomba Teknik Lingkungan Nasional dan foto-foto dari peserta lomba fotografi nasional. Peserta lomba fotografi berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Lomba Fotografi nasional NEO 2019 mengusung tema “People, Nature, and Culture”. Seluruh pengunjung pameran berhak menilai karya yang dipamerkan dalam pameran NEO 2019. Penilaian pengunjung pameran menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan pemenang poster terbaik dan juara favorit dalam lomba fotografi.

Pelaksanaan NEO 2019 ditutup dengan diselenggarakannya acara Malam Ramah Tamah. Malam Ramah Tamah NEO 2019 berlangsung pada 28 September 2019 di Baruga Anging Mammiri Kota Makassar. Malam ramah tamah ini dirangkaikan dengan pengumuman hasil lomba NEO 2019. Tim Himalaya dari Universitas Hasanuddin berhasil meraih juara 1 Lomba Teknik Lingkungan Nasional, juara 2 Lomba Teknik Lingkungan Nasional diraih oleh tim Edu Park dari Universitas Hasanuddin dan juara 3 Lomba Teknik Lingkungan Nasional diraih oleh tim Equlibrium dari Universitas Hasanuddin. Sedangkan Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional diraih oleh tim Hemiscylium dari Universitas Padjajaran, Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional diraih oleh tim Meris Aramoana dari Institut Pertanian Bogor, dan Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional diraih oleh tim Fish Marine Debris dari Universitas Hasanuddin. Juara 1 Lomba Fotografi Nasional diraih oleh Akbar Wahyu Ilahi dari Yogyakarta dengan Judul Karya Melestarikan Budaya Melalui Wayang, Juara 2 Lomba Fotografi Nasional diraih oleh Aditya Ramadhan Pratama dari Makassar dengan judul karya Pagantara’ Bunting, dan Juara 3 Lomba Fotografi Nasional diraih oleh Aditya Ariawan dari Makassar dengan judul karya Pelabuhan di Sore Hari. NEO 2019 ditutup secara resmi oleh Ibu Dr. Eng. Muralia Hustim, ST. MT, selaku Kepala Departemen Teknik Lingkungan Universitas Hasanuddin. Beliau berpesan agar pelaksanaan NEO 2019 dijadikan sebagai program kerja tahunan yang rutin diselenggarakan oleh HMTL FT-UH.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *