Dies Natalis HMTL FT-UH Ke-4

Peringatan hari lahir (Dies Natalis) dalam sejumlah besar budaya dianggap sebagai peristiwa penting yang menandai awal perjalanan kehidupan.Karena itu, biasanya peringatan tersebut dirayakan dengan penuh syukur dan kebahagiaan. Bertambahnya usia selalu dibarengi dengan pengharapan akan makin bertambahnya kedewasaan. Tidak hanya bagi manusia, pertambahan usia bagi organisasi pun selalu dikaitkan dengan tingkat kedewasaan. Apalagi bagi sebuah perguruan tinggi yang punya fungsi utama melahirkan para ilmuwan akademisi yang berkualitas.

Bagi Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL), Dies Natalis mempunyai makna penting bukan hanya sebagai penanda bertambahnya usia, tapi juga penanda tingkat kedewasaan dalam berkarya. Keberadaan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Fakultas Teknik UNHAS yang sudah menginjak Usia 4 tahun, yang didirikan pada tanggal 21 September 2015, menjadi bukti HMTL FT UH  mempunyai daya tarik sehingga  mampu bertahan di antara Himpunan – Himpunan di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Dies natalis HMTL FT UH harusnya menjadi momentum untuk menguatkan komitmen akan perubahan demi kemajuan . Perlu ada penegasan tentang upaya-upaya yang harus dilakukan sebagai bagian dari resolusi ulang tahun. Tidak ada salahnya merayakan Dies Natalis dengan kegiatan tumpengan sebagai rasa syukur  kepada Allah SWT yang mana atas pencapaian yang telah diraih.

Pelaksanaan acara perayaan Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ini dimulai sejak 16.00 hingga 22.00 WITA. Pengunjung yang datang diarahkan untuk melewati rute yang pertama dengan registrasi , kemudian kami menyediakan “photobooth” sebagai sarana untuk mengekspresikan pengunjung menghadiri perayaan ini dengan berpose dan berfoto di tempat yang disediakan.

            Perayaan Dies Natalis ini dihadiri oleh Sekretaris Departemen Teknik Lingkungan , Ketua BPM FT-UH , Ketua Umum SMFT UH, Ketua DM HMTL FT-UH, Ketua Umum BE HMTL FT-UH, Ketua – ketua Lembaga SE-OKFT UH, Kanda – kanda senior dari Angkatan 2014 – angkatan 2017, dan Anggota HMTL FT-UH . Perayaan Dies Natalis ini dibuka oleh MC , dilanjutkan dengan Menyanyi Lagu – lagu dari Indonesia Raya , Mars UNHAS , Mars TEKNIK, dan Mars Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan – sambutan. Sambutan yang pertama dari Ketua Panitia Dies Natalis yaitu Muhammad Renaldy Pratama Sultan, dilanjutkan Sambutan oleh Kanda Amanuddin Fajar Fisu selaku Ketua Umum Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan , yang ketiga adalah sambutan dari Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Kanda Alvian Usman, dan yang terakhir dari Bapak Dr. Eng. Irwan Ridwan Rahim, ST., MT. sebagai Sekretaris Departemen Teknik Lingkungan sekaligus membuka kegiatan Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan yang ke-4. Acara dilanjutkan dengan pemotongan Nasi Tumpeng bersama dengan Sekretaris Departemen Teknik Lingkungan dan ketua Umum Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan. Selanjutnya melangkah ke acara selanjutnya yaitu penanaman bibit pohon secara simbolis yang dilakukan dengan Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik, Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik, Ketua DM Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan , Ketua Umum BE Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan dan Ketua Panitia Dies Natalis HMTL FT –UH. Setelah itu melangkah ke ISHOMA sekaligus merangkai dengan acara Santap Malam Bersama. Acara selanjutnya ada pemberian Parsel kepada Pantry di gedung sipil dan Satpam. Dan setelah itu ada pemberian pengharagaan kepada pemenang Ayo Menulis dari UKB perpustakaan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan. Kemudian Acara selanjutnya ada Tudang Sipulung. Yang dimaksud Tudang Sipulung adalah salah satu tradisi suku Bugis Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan, merupakan suatu kegiatan secara bersama-sama membicarakan dan merundingkan dalam memecahkan suatu masalah untuk mencapai suatu hasil kesepakatan melalui budaya  musyawarah. Penutup acara diakhiri dengan renungan dan doa dari Mohamad Fatkhurohman Romadhoni. Acara Perayaan Dies Natalis HMTL FT – UH yang ke-4 pun sukses yang dipandu oleh Ikramul Ramadhan dan Asrisnawanti selaku MC.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *