Ayo Menulis #1

Unit Kegiatan Bersama Perpustakaan HMTL FT-UH Periode 2020/2021 telah melaksanakan  “Ayo Menulis #1”  berupa Lomba Menulis Essay. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program kerja FILTRASI 2021. Lomba ini diikuti oleh anggota HMTL FT-UH dan umum dengan mengusung tema “ Upaya Milenial Sebagai Aksi Tanggap Bencana di Indonesia”. Lomba ini dibuka pada 26 Januari 2021 hingga 3 Februari 2021.

Pemenang kegiatan Ayo Menulis #1 atas nama Yolanda Sephiani Nurhafifah dari Universitas Airlangga dengan judul karya “FOODISH: Inovasi Pangan Darurat Bencana Berbasis  Fireless Heating System Dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat Terdampak Bencana di Indonesia”

Adapun resume dari karya pemenang:

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat adanya 1.944 bencana di Indonesia sejak 1 Januari hingga 3 September 2020. Kondisi ini semakin parah di tahun berikutnya yaitu 2021. Selama kurun waktu 1 sampai 21 Januari 2021 sekitar 185 bencana terjadi di Indonesia. Bencana tersebut mengakibatkan kerugian yang sangat besar baik harta maupun nyawa, serta ratusan ribu penduduk di ungsikan (Aji, 2021). Para pengungsi hingga saat ini masih mengalami keterbatasan pasokan pangan dan air bersih sehingga timbul ancaman gangguan kesehatan.

Hal ini mengindikasikan belum optimalnya aksi tanggap bencana di Indonesia. Maka dari itu, dirancanglah suatu inovasi pangan darurat dengan sistem pemanasan tanpa api (fireless heating system) bernama FOODISH. Faktanya, dapur umum dan air bersih belum tentu tersedia di setiap pengungslan. Apabila pengungsi terpaksa harus mengganjal perutnya dengan mi yang dimasak menggunakan air kotor, maka pengungsi juga akan rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella atau E. coli seperti diare (Andoyo, 2016). FOODISH hadir sebagai upaya mengatasi kondisi tersebut. Produk ini berupa pangan darurat yang menerapkan sistem pemanasan tanpa api. Menurut Andoyo (2016) pangan darurat adalah makanan dan minuman yang memiliki masa simpan panjang, tidak toksik, mudah dikonsumsi, serta mengandung nutrisi sesuai kebutuhan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *