Pelatihan Karya Tulis Ilmiah #SKILL UPGRADING

Menulis dan mempublikasikan karya Ilmiah bagi sebagian besar mahasiswa masih menjadi persoalan yang asing dan kurang dikuasai. Padahal penguasaan dalam penulisan ilmiah cukup penting untuk menjadi skill pegangan bagi mahasiswa pada umumnya, begitu pula untuk mahasiswa teknik lingkungan secara khusus. Melihat urgensi tersebut, HMTL FT-UH melalui departemen Diklat Profesi dan Keilmuan mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah.

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah, berlangsung di Gedung Class Room, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin pada Kamis, 22 Agustus 2019. Pemateri yang diundang adalah Kanda Sutami Suparmin yang memang sudah berpengalaman dalam sepak terjang penulisan karya ilmiah, dan memiliki segudang prestasi.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis Mahasiswa karena cukup banyaknya Mahasiswa yang kurang memahami teknik penulisan karya tulis ilmiah. Tema kegiatan ini, yakni “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah”. Selain itu diharapkan pelatihan ini mampu memberikan keterampilan menulis bagi Mahasiswa agar dapat menyelesaikan tugas-tugas, menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan ilmiah, mengikuti berbagai perlombaan terkait, dan tugas akhir studinya.

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah tersebut membahas mengenai urgensi menulis, sistematika pembuatan Makalah, dan sistematika pembuatan Karya Ilmiah. Dalam pemaparan materinya kanda Sutami Suparmin menjelaskan bagaimana menjadi penulis yang baik, kaidah-kaidah penulisan, cara membuat tulisan yang baik, menambah keahlian jurnalistik, serta dakwah lewat tulisan. Selain itu, dijelaskan pula tentang “masalah”, yang cocok diangkat sebagai bahan tulisan ilmiah, serta cara mengidentifikasi masalah. Pemateri juga menyampaikan pengalamannya dalam hal penulisan Karya Ilmiah.

Kedepannya, diharapkan Mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan ini, dapat memiliki keterampilan untuk menuliskan Karya Ilmiah dan dapat mengikuti banyak kegiatan melalui keterampilan tersebut.
salam hangat, Departemen Diproil

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *