CALINE-4 (A Dispertion Model For Predicting Air Pollutant Consentration)

Pada 22 juli 2019, HMTL FT-UH kembali mengadakan Skill Upgrading. Skill Upgrading merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan penguasaan anggota HMTL FT-UH terhadap software-software atau bentuk pemodelan yang berhubungan dengan keprofesian di bidang Teknik Lingkungan. Di kesempatan kali ini, Skill Upgrading membuat rangkaian pelatihan software yang berhubungan dengan salah satu konsentrasi riset yang ada di departemen Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Univesias Hasanuddin, yaitu Kualitas Udara dan Kebisingan. Penyelenggara membuka sesi ini dengan pelatihan cara penggunaan CALINE-4. Penguasaan anggota terhadap CALINE-4 dianggap perlu karena dengan menggunakan CALINE-4 merupakan bentuk implementasi dari pengetahuan terkait teknik lingkungan dan akan dapat menjadi nilai tambah dalam menunjang keprofesian di bidang teknik lingkungan

CALINE-4 sendiri merupakan sebuah program yang menjadi model kualitas udara dari  sumber garis yang dijalankan berdasarkan model difusi Gaussian dan menggunakan konsep zona pencampuran untuk memperkirakan dispersi polutan dekat jalan raya dengan beberapa parameter penting. Hal-hal yang menjadi parameter dalam perkiraan dispersipolutan  seperti kekuatan sumber (volume lalu lintas per link dan faktor emisi), meteorologi, dan geometri lokasi. CALINE-4 dapat memprediksi konsentrasi polutan di titik reseptor (titik estimasi/ perkiraan konsentrasi tersebut diterima). Polutan yang dapat diprediksi oleh CALINE-4, seperti Karbon Monoksida (CO), Nitrogen Dioksida (NO2), dan partikel tersuspensi.

Skill Upgrading kali ini dibawakan oleh kanda Nurfadilah Bataramulam (Teknik lingkungan, 2015). Pemberian materi tidak hanya pada bagaimana cara menjalankan program CALINE-4. Sebelum itu peserta diajarkan untuk mengenal data-data mentah yang dibutuhkan. Kemudian peserta dipahamkan pula bagaimana pengolahan data sampai akhirnya data-data tersebut dapat di input pada CALINE-4. Model pengajaran dengan praktik langsung membuat peserta lebih paham pengolahan data kualitas udara dan cara menjalankan CALINE-4. Antusiasme peserta cukup baik, dilihat dari keaktifan peserta dalam memberikan pertanyaan dan memberikan respon selama kegiatan berlangsung.

Melalui kesempatan ini, anggota diharapkan untuk dapat mengenal dan mengetahui gambaran tentang bagaimana mengolah data kualitas udara khususnya pada sumber garis. Serta, tentunya dapat menguasai cara menggunakan CALINE-4. Nantikan Skill Upgrading selanjutnya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *