Kajian Muslimah #1

Menuntut ilmu agama merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim maupun muslimah. Ilmu dapat dikatakan sebagai sarana dalam melaksanakan segala sesuatu yang Allah Subhanahu wa Ta’ala perintahkan terhadap hambanya. Keislaman seseorang tidaklah cukup hanya di lisan saja tanpa memahami agama islam dengan benar dan mengamalkannya. Dan pengamalan tersebut tentunya membutuhkan ilmu. Saat ini, banyak dari kita yang menyepelekan kewajiban dalam menuntut ilmu agama, padahal para penuntut ilmu memiliki banyak keutamaan.“Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim). 
Hadits di atas menerangkan salah satu keutamaan bagi para penuntut ilmu. Dengan mengamalkan ilmu yang dimiliki menjadi sebab Allah mudahkan langkahnya menuju surga. Bagi muslimah, menuntut ilmu tetap menjadi suatu keharusan. Seorang muslimah akan tetap terikat dengan kewajibannya sebagai pemeluk agama islam, serta kewajiban yang terkait kedudukannya sebagai muslimah. Muslimah juga memegang peranan penting dalam mencetak generasi yang cerdas. 
Wanita yang tumbuh dalam kebodohan, akan melahirkan generasi yang lemah akal. Itulah mengapa pentingnya bagi para muslimah menghadiri majelis ilmu. Maka dari itu Departemen Kerohanian HMTL FT-UH mengadakan kegiatan rutin, yakni kajian jum’at muslimah yang dilaksanakan setiap hari jum’at. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman ilmu agama islam muslimah HMTL FT-UH.
Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Jum’at 5 juli 2019 di Sekretariat HMTL FT-UH telah dilaksanakan Kajian Muslimah yang dihadiri oleh anggota muslimah HMTL FT-UH. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini berjudul “Menghadirkan Ikhlas dalam Beribadah” dan dibawakan oleh pihak Al-Muhandis.

Dalam pemaparannya, pemateri menyampaikan pentingnya ikhlas dalam setiap amal perbuatan yang dilakukan. Setiap amal ibadah yang dilakukan harus semata-mata ikhlas karena Allah, bukan karena ingin terlihat baik di mata manusia. Setiap amalan yang terdapat riya’ di dalamnya maka amalan tersebut tertolak. Tanda orang-orang yang ikhlas adalah melupakan kebaikan yang pernah dilakukan sebelumnya serta perasaan bila dipuji atau dicela apabila melakukan kebaikan tetap sama. Setiap amalan yang dilakukan dengan benar-benar memurnikan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala maka balasannya adalah surga. 
Semoga dengan kegiatan ini mampu menambah ilmu dan wawasan agama islam serta meningkatkan minat bagi para muslimah dalam menghadiri majelis ilmu. 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *