Lingkungan Menyambut Berkah Ramadan (LENTERA)

Bulan Ramadan merupakan momen yang tepat bagi kita untuk memperbanyak amal kebaikan, baik dalam bentuk ibadah langsung kepada Allah SWT maupun yang tersalur melalui kegiatan yang bernilai positif. Selain sebagai sarana untuk melakukan instrospeksi dan mereformasi diri, bulan ramadan juga adalah saat yang sangat tepat untuk lebih meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama manusia terkhusus kepada anak yatim.

“Barang  siapa  memberi  makan  kepada  orang  berbuka  puasa  maka  dia memperoleh  pahalanya  dan  pahala  bagi  yang  (menerima  makanan)  berpuasa  tidak dikurangi sedikitpun” (HR. Tirmidzi).

 “Siapa yang (memelihara) anak yatim dengan baik ada disurga bagaikan ini, seraya  beliau  memberi  isyarat  dengan  jari  tengah  dan  Beliau  rentangkan  kedua  kaki jarinya itu” (HR. Bukhari”.

Berdasarkan  hadits tersebut diketahui bahwa keutamaan memberi makan orang yang berpuasa akan dilipat gandakan pahalanya sebesar orang yang diberi makan tanpa dikurangi sedikit pun. Selain itu, Orang yang menyantuni anak yatim pada bulan ramadan akan mendapatkan pahala berlipat lipat sebagaimana amal kebaikan lain yang dilakukan di bulan ramadan dan hal tersebut menjadi jalan baginya untuk mudah menggapai surga. Maka dari itu Departemen Kerohanian HMTL FT-UH mengadakan kegiatan Lingkungan Menyambut Berkah Ramadan (LENTERA) berupa bakti sosial dan buka puasa bersama dengan tema “Meraih Berkah Ramadan” yang diharapkan bisa meningkatkan keimanan, ketaqwaan serta terbentuknya akhlak mulia.

Penyerahan Bingkisan kepada Adik-Adik dari Panti Asuhan Gowa Qiira Oleh Koordinator Kerohanian HMTL FT-UH

Acara ini telah dilaksanakan pada Senin, 27 Mei 2019 bertempat di Lantai Dasar, Gedung Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin yang dihadiri oleh anggota HMTL FT-UH, Sekertaris Departemen Teknik Lingkungan Universitas Hasanuddin, Ikatan Keluarga Alumni Teknik Lingkungan (IKATLI), Panti Asuhan Gowa Qiira, dan bangku pelosok.

Foto Bersama Kanda-Kanda IKATLI

Dalam kegiatan ini ceramah dibawakan oleh Ust. Sofyan dengan tema Meraih Berkah Ramadan dan berlangsung sangat interaktif.

Penyampaian Ceramah oleh Bapak Ustadz Sofyan dengan Tema “Meraih Berkah Ramadan”

Dalam ceramah yang disampaikan oleh Ust. Sofyan dijelaskan bahwa dalam bersedekah tidak harus bulan ramadan, sedekah dan membantu sesama juga dapat dilakukan selain pada bulan ramadan, selain daripada itu salah satu kewajiban umat muslim saat ramadan adalah membayar zakat fitrah. Intinya tujuan dari berzakat bukan sekadar menunaikan kewajiban tapi juga untuk membersihkan harta, mensucikan diri, serta berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

Acara diakhiri dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib secara berjamaah.

Suasana Buka Puasa Bersama

Semoga melalui kegiatan ini mampu meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan terbentuknya akhlak mulia, serta dapat bermanfaat bagi kita semua terkhusus bagi seluruh anggota HMTL FT-UH.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *